Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 31 Maret 2015

Pengertian Sistem Terdistribusi dan Real Time System

Sistem Terdistribusi
Sistem Terdistribusi terdiri dari dua kata yaitu “ Sistem” dan “Terdistribusi”. Sistem terdistribusi merupakan sekumpulan elemen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membentuk satu kesatuan untuk menyelesaikan satu tujuan yang spesifik ataumenjalangkan sperangkat fungsi. Adapun terdistribusi berasal dari kata “distribusi” yang merupakan lawan kata “sentralisasi” yang artinya penyebaran, sirkulasi, penyerahan, pembagian menjadi bagian-bagian kecil.

Berawal dari pengertian kata-kata pembentuknya, Sistem Terdistribusi dapatdidefinisikan sebagai suatu kesatuan dari elemen-elemen yangsaling berinteraksi secara sistematis dan teratur untukmendistribusikan data (Maseleno, 2003).
Real Time System
Real-time system dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang tidak hanya berorientasi terhadap hasil (output) yang dikeluarkan tapi di sana juga sistem dituntut untuk dapat bekerja dengan baik dalam kebutuhan waktu tertentu. Di dalam real-time system, waktu merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan. Faktor waktu menjadi sesuatu yang sangat kritis dan sebagai tolak ukur baik-tidaknya kinerja keseluruhan sistem tersebut. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diingat, real-time system
tidak sama dengan fast-system. Fast-system adalah sistem yang bekerja dalam waktu yang
sesingkat-singkatnya yang dalam artian semakin cepat output yang dihasilkan oleh sistem tersebut
berarti semakin baik kinerjanya. Berbeda dengan fast-system, real-time system bekerja dalam periode dan waktu deadline tertentu sehingga belum tentu semakin cepat output yang dihasilkan berarti menunjukkan sistem tersebut bekerja dengan baik. Adapun contoh dari real-time system adalah sistem perbankan, sistem pengontrol pesawat udara sistem otomasi pabrik, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar